Jumat, 07 Oktober 2011

Sekedar Pengertian CD-ROM, DVD-ROM, CD/DVD ROM DRIVE


CD ROM, DVD ROM, CD/DVD-ROM DRIVE

Sistem Penyimpanan data secara optikal mulai diperkenalkan tahun 1983,ditandai dengan diluncurkannya Digital Audio Compact Disk.Sejak itulah teknologi penyimpanan pada optical disk mulai berkembang.CD ( Compact Disk ) dan DVD (Digital Video Disk) saat ini sudah umum  digunakan di seluruh dunia karena merupakan suatu perlengkapan standar yang bisa diandalkan.
1.      CD-ROM
  Secara umum, pengertian CD-ROM (Compact Disk Read Only Memory) adalah media untuk menyimpan data atau informasi yang sangat besar (lebih dari 600MB), jauh lebih besar jika kita bandingkan dengan floppy disk (1,4MB). Sesuai dengan namanya CD-ROM hanya dapat dibaca data yang tersimpan di dalamnya (Read Only Memory).Pembacaan data pada CD-ROM menggunakan sinar laser dengan intensitas rendah. Data yang disimpan di CD-ROM dapat berupa teks, gambar, presentasi, slide, audio dan video.


2.      DVD-ROM
  DVD-ROM (Digital Versatile Disk-Read Only Memory) adalah media penyimpanan dengan bentuk fisik mirip CD-ROM namun memiliki kapasitas yang jauh lebih besar serta mampu menyimpan data pada kedua sisinya.DVD-ROM biasanya digunakan untuk menyimpan file-file multimedia berukuran besar.jika rata-rata  CD-ROM mempunyai kapasitas maksimum 650MB,DVD-ROM memiliki kapasitas terkecil  7kali lebih besar dari kapasitas maksimum CD-ROM ( 4,38 GB).
 

3.      CD/DVD ROM DRIVE
DVD drive adalah Perangkat keras yang terpasang pada computer untuk mengoperasikan piringan DVD. Perangkat ini memiliki bentuk fisik sama persis seperti CD ROM Drive, akan tetapi memiliki fungsi yang berbeda. DVD drive merupakan inovasi perkembangan dari CD drive yang digunakan sebelumnya. DVD drive memiliki multifungsi dalam membaca format file. Ini merupakan hasil inovasi yang dikembangankan dari CD drive.
Berdasarkan  pengertian di atas DVD Drive adalah Perangkat komputer yang berfungsi sebagai pembaca data pada DVD. Perangkat ini memiliki bentuk fisik sama persis seperti CD ROM Drive, akan tetapi memiliki fungsi yang berbeda.



1 komentar:

  1. Misi gan, izin share ya...

    PICO CJM 825 - Red
    Price Rp 2.400.000

    Spesifikasi Produk

    OS : DOS
    Processor : Intel Atom Dual Core D2500
    Clockspeed : 1,86GHz
    Layar : 10”
    Grafik : Intel Graphics
    Memory : 2GB DDR3
    Storage : 500GB
    Optical Drive : no
    Networking : Fast Ethernet
    Wlan : IEEE 802.11b, IEEE 802.11g, IEEE 802.11n
    Card Reader : yes
    Speaker : Integrated
    Port
    : 1x external VGA por
    : 1x HDMI output port
    : 1x Headphone Jack
    : 1x Microphone Jack
    : 1x RJ-45 LAN port
    : 1x DC-in jack
    : Battery
    : 6 cell
    Dimensions : 265 x 187 x 26.9 mm
    Berat : 1.25 kg
    Garansi : 1 Tahun

    Pusat Belanja Komputer

    Terimakasih :)

    BalasHapus